Kurikulum SMA Quranuna Islamic School

Sebagai lembaga pendidikan kader pemimpin ummat yang mengutamakan pembentukan mental karakter santri dan agar tercapaiannya lahirnya generasi generasi para pemimpin ummat yang tafaqquh fiddin, hamalatul Qur’an kami menggabungkan konsep kurikulum yang terintegrasi antara kurikulum kepesantrenan / dirosah Islamiyah, kurikulum standar LIPIA, dan kurikulum diknas, agar mereka siap melanjutkan pendidikan ke tingkat lebih tinggi di universitas-universitas ternama baik dalam maupun luar negri.

 

Pola pengajaran dan Kitab Rujukan:

 

Muhammad bin Sirin rahimahullah, beliau mengatakan:
إن هذا العلم دين فانظروا عمن تأخذون دينكم
“Ilmu ini adalah bagian dari agama kalian, maka perhatikanlah baik-baik dari siapa kalian mengambil ilmu agama” (Diriwayatkan oleh Ibnu Rajab dalam Al Ilal, 1/355).

 

Diantara bentuk pertanggung jawaban dan ke hati-hatian kami dalam memberikan ilmu Agama agar tetap berada dalam jalur ahlu sunnah wal jamaah adalah dengan merujuk kepada Kitab-Kitab yang mengantarkan pemahaman yang benar dalam berbagai disiplin ilmu.

 

Disamping itu tentu saja menggunakan metode talaqqi (hubungan langsung guru dan murid) (pengajaran bimbingan langsung berhadapan murid dan guru) yang disesuaikan dengan kondisional para santri.

 

A. MATA PELAJARAN KHUSUS PESANTREN (DIROSAT ISLAMIYAH)

 

1. Tahfidz AlQuran, Ulumul Qur’an dan Tafsir AlQur’an
Quranuna Islamic School memprioritaskan pembinaan tahfidz Quran pada setiap santri mampu menghafal 30 juz. Kami memandang dasar utama seorang muslim menjadi ulama dimulai dengan menghafal Al-Quran sebagai mana para ulama Mazhab dahulu, Seperti Imam Asy-Syafe’i hafal Qur’an usia 7 tahun, Imam Malik usia 9 tahun setelah itu mereka menghafal hadits dan pendalaman ilmu Bahasa dan lain sebagainya.

 

» Tahsin dan Tahfidz 
Metode yang kami gunakan dalam pembinaan Tahfidz adalah:

    • Tahsin: memperhatikan cara baca dengan merujuk kepada Ilmu Tajwid. Buku yang kami gunakan sebagai rujukan dalam memandu Tajwid para santri adalah Kitab Tuhfah Athfal oleh : Syaikh Sulaiman bin Hasan bin Muhammad Al Jamzuri  dan Panduan Tahsin Aplikatif oleh : Ustadz Lukmanul Hakim.MA
    • Tahfidz : Setelah Bacaan mereka benar sesuai Tajwid baru dihafal dengan memberikan arahan Setoran Hafalan setiap hari sesuai kemampuan santri
    • Takrir : Dalam hafalan tertentu diprogramkan untuk mengulang hafalan yang sudah di setor agar hafalan menjadi lebih kuat.
    • Muraja’ah: Dalam waktu tertentu dijadwalkan Mengulang seluruh hafalan agar hafalan bisa mencapai tingkat Mutqin.
    • Tasmi perjuz dan Tasmi’ kelipatan juz 

 

» Pelajaran Ulumul Quran : Dalam Bidang Study Ulumul Qur’an Quranuna Islamic School  Menggunakan Rujukan Kitab: Mabahits fi ‘Ulum al-Qur’an oleh Manna’ al-Qaththan

 

» Pelajaran Tafsir : Dan Untuk Pelajaran tafsir di bahas Kitab Tafsir Jalalain, Tafsir Ibnu Katsir, Tafsir Munir & Silsilah Ta’limul Lughoh Al-Arobiyyah

 

2. Pelajaran Aqidah
Perhatian Utama yang sangat penting bagi kami dalam program pendidikan di Quranuna Islamic School adalah pelajaran Aqidah Islam, Maka kami memilih Kitab yang menjadi rujukan Ahlu Sunnah wal Jamaah dalam pengajaran Aqidah Islam Yaitu: Aqidatul Awam oleh syekh ahmad Marzuki, kitab Ushul Iman Wal Islam oleh Syekh Dr. Waahbah Az-zuhaili. Al-Aqoid (kurikulum KMI) dan Kitab Tauhid (Sisilah Ta’limul Lughoh)

 

3. Pengajaran Adab/Akhlaq

  • Para Santri Penghafal AlQur’an harus memiliki Adab dan Akhlaq AlQur’an karena penghafal Al-Quran adalah pewaris para Nabi yang wajib memiliki Akhlaq yang mulia, maka kami membimbing para santri dengan membina mereka membahas Kitab At – Tibyan Adab fii hamalatil Qur’an oleh Imam An Nawawi yang kami ajarkan secara halaqah.
  • Untuk membentuk Karakter/Akhlaq diajarkan  Kitab Taklim Mutaalim oleh Syekh Az-Zarnuzi yang yang dilanjutkan dengan Kitab Adab Alim Wa Mutaalim Oleh Syekh Hasyim Asy’ari dan Kitābul Jāmi' Bulughul Maram Bab Al-Adab oleh Syekh Al-Hāfizh Ibnu Hajar Al-Atsqolani dibahas dengan sistem Halaqah

 

4. Pelajaran Fikih
Dalam Pelajaran Fikih, Quranuna Islamic School mengajarkan Fikih Mazhab Asy-Syafi’I dikarenakan Indonesia mayoritas mazhab Syafi’I. walaupun secara taqafah diberikan juga wawasan tentang perbedaan pendapat dalam Mazhab yang Empat merujuk kepada Kitab Fiqhul Islam wa Adilatuhu Oleh Wahbah Az zuhaili (sebagai wawasan), Namun secara khusus mengajarkan fikih mazhab Asy-Syafi’i dengan memakai kitab dasar Fikih Imam As-Syafi’I dengan membahas buku rujukan Al-Fiqhu (Kurikulum KMI) dan Silsilah Ta’limul Lughoh.

 

5. Pelajaran Ushul Fikih
Dalam memahami istinbat hukum syariat Islam, para ulama ahlu Sunnah wal jamaah telah menyusun metode ilmu khusus yang disebut ilmu ushulfikih, hal ini menjadi perhatian khusus bagi Quranuna Islamic School bahwa bidang study ini harus dikuasai dengan baik agar dapat memahami terjadinya ikhtilaf dalam bidang fikih, sehingga perbedaan itu difahami berdasarkan konsep ilmu yang benar,dan memahami mekanisme instinbath hukum yang benar, sehingga para santri mengerti perbedaan yang menyimpang dan perbedaan yang berbasis pada qaedah ilmu yang benar. Untuk pelajaran Ushul Fikih ini Quranuna Islamic School  menggunakan kitab dasar pemahaman dasar ilmu ushul fikih Mabadi Awaliyah, Albayan dan As-Sulam oleh Abdul Hamid Hakim.

 

6. Hafalan Hadits
Program menghafal Hadits-Hadits pilihan sebagai pondasi bagi cikal bakal seorang ulama, program ini kami terapkan mulai dari Kitab Hadits yang ringan dengan menghafal beberapa Kitab Hadits yang kami tentukan yaitu: HADITS ARBAIN, dan BULUGHUL MARAM. Dan Hafalan di sesuaikan dengan kemampuan santri.

 

7. Pelajaran Mustholah Hadits 
Ulumul Hadits merupakan pengajaran yang cukup penting bagi santri dalam membentuk pola berfikirnya, karena santri harus mengetahu seluk beluk hadits, baik dari segi sanad dan matan. Dalam mata pelajaran ini Quranuna Islamic School  menggunakan Kitab Taisir Mustalah Hadits oleh: Dr. Mahmud ath-Thohan.

 

8. Pelajaran Tarekh Tasyri’
Dalam memahami sejarah pertumbuhan fikih dan ilmu fikih, Quranuna Islamic School menggunakan Kitab yang terkenal dalam disiplin ilmu Tarekh Tasyri’ dengan menggunakan Kitab bahasan: Tarekh Tasyri’ Al Islamy oleh Khudhari Beik

 

9. Pelajaran Tarekh Islam
Menggunakan Kitab Bahasan Khulasah Nurul Yaqin oleh Umar Abdul Jabar Jilid 1 , 2 dan 3.
 

 

B. MATA PELAJARAN PENGEMBANGAN BAHASA

 

1. Pembelajaran Bahasa Arab

Dalam pembelajaran Bahasa Arab sebagai ilmu kunci utama dalam memahami ilmu-ilmu syariat Islam, maka pelajaran ini menjadi perhatian utama kami dalam system dan pola pengajarannya, agar setiap santri menaruh minat yang penuh dan perhatian yang serius terhadap Bahasa Arab ini Kami mengawali pengenalan Bahasa Arab dengan percakapan dan menerapkan komunikasi Wajib berbahasa Arab dalam keseharian mereka, sehingga bahasa Arab bagi santri menjadi Bahasa harian. Dari sini menumbuhkan minat yang kuat untuk lebih memahami ilmu-ilmu Bahasa Arab 

» Untuk Pembelajaran Nahwu menggunakan buku Al-muyyasar Fii Ilmi Nahwi (Ust Aceng) jilid 1-3 & kitab Silsilah Ta’limul Lughoh Al-Arobiyyah
» Ilmu Saraf Untuk menguasai Ilmu Saraf Menggunakan Amstilatus tasrif dan Kitab Tasrif pelajaran saraf ini lebih banyak diarahkan kepada latihan praktek, sehingga santri menguasai perubahan kalimat dengan baik yang merujuk kepada buku pedoman ajaran. Kitab yang digunakan untuk bahasan Ilmu Saraf ini adalah: Amstilatul Tasrif Oleh Ma’shum Ali dan Kitab Tasrif Oleh Hasan Bin Ahmad
» Durusu Lughoh 
» Ta’bir dengan mengkaji kitab Baina Yadaik untuk tingkat SMP dan Silsilah Ta’limul Lughoh Al-Arobiyyah untuk tingkat SMA
» Mahfudzhot 
» Insya (Kurikulum KMI)
» Pengajaran Kosakata Arab/Ilqqo Ta’biroot (Kurikulum KMI)
» Qiro’ah mengkaji kitab Silsilah Ta’limul Lughoh Al-Arobiyyah
» Khot/Imla mengkaji kitab Silsilah Ta’limul Lughoh Al-Arobiyyah
» Balaghoh mengkaji kitab Ilmu Bayan (Kurikulum KMI)

 

2. Pembelajaran Bahasa Inggris 

» Reading (Kurikulum KMI)
» Grammar (Kurikulum KMI)
» Composition (Kurikulum KMI)
» Dictation (Kurikulum KMI)
» Conversation (Kurikulum KMI)
» Teaching Vocabulary (Kurikulum KMI)

 

C. MATA PELAJARAN UMUM
Untuk dapat mengikuti Perkembangan Ilmu yang sejajar dengan Tingkatan dan agar mampu melanjutkan Study ke jenjang Perguruan Tinggi manapun baik di dalam maupun luar Negri, Quranuna Islamic School juga memberikan Pelajaran umum sebagaimana layaknya sekolah formal pada umumnya dengan mata pelajaran :

  1. Matematika : Menyesuaikan Kurikulum Nasional
  2. Bahasa Inggris : Menyesuaikan Kurikulum Nasional
  3. Bahasa Indonesia : Menyesuaikan Kurikulum Nasional
  4. PPKN : Menyesuaikan Kurikulum Nasional
  5. IPA : Menyesuaikan Kurikulum Nasional
  6. Ilmu Teknologi Komputer : kurikulum disesuai dengan perkembangan dan kebutuhan.
     

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)